Peran Orang Tua Dalam Membing Perkembangan Sosial Remaja Di Desa Tanjung Sari Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi

Main Article Content

Yopi Wardana

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak remaja di desa Tanjung Sari yang tingah laku, dan sopan santunya kepada masyarakat setempat sanagat kurang baik. Di dalam lingkungan sosial remaja di desa Tanjung Sari sangat minim sekali yang mau berbaur semama remaja lain atau pun kepada orang yang lebih tua dari mereka. Perlu kita ketahui peran orang tua sanagt penting di dalam membimbing pergaulan sosial anak, remaja yang kurang mempunyai sopan santun, tidak mau bergaul. Hal tersebut yang terjadi di desa Tanjung Sari Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi membuat peneliti tertarik mengambil sebuah judul penelitian mengenai bentuk prilaku sosial remaja. Bagaimana peran orang tua didalam membimbing perkembangan sosial pada remaja. Faktor apa saja yang yang mempengaruhi orang tua di dalam membimbing perkembangan sosial dan bagaimana implementasi peran orang tua di dalam membimbing perkembangan remaja di desa Tanjung Sari Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi.


Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif-deskriptif  dengan menekankan pada sumber data lapangan sebagai data primer, serta literatur sebagai sumber kedua sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan.


Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa: Pertama, Prilaku remaja di Desa Tanjung Sari kurang memiliki kerja sama yang baik, tidak suka menerima pendapat dari orang lain, kurangnya rasa percaya diri, kurangnya etika dengan orang lebih tua. Kedua, faktor yang mempengaruhi orang tua dalam membimbing perkembangan sosial remaja adalah, pertama faktor keluarga, kedua faktor kematangan, ketiga faktor status di dalam lingkungan masyarakat, keempat pendidikan dan kelima kapasitas mental. Ketiga, peran orang tua dalam membimbing perkembangan sosial remaja yakni, orang tua telah menuanaikan perannya seperti memberikan kasih sayang, memberi nafkah dan memberikan pendidikan yang layak, memberikan arahan kepada anak-anaknya dalam membentu tingkah laku yang baik.

Article Details

Section
Bimbingan dan Konseling