Strategi Penggunaan Media Elektronik Dalam Bimbingan Konseling Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus
DOI:
https://doi.org/10.30631/jigc.v8i1.87Keywords:
Anak Berkebutuhan Khusus, Strategi, Bimbingan KonselingAbstract
Media elektronik telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam evolusi peradaban manusia, memainkan peran penting dalam mengubah budaya, nilai, dan cara hidup. Dari teknologi cetak hingga teknologi audiovisual interaktif, perkembangan media elektronik terus berkembang seiring berjalannya waktu. Dalam konteks bimbingan konseling terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK), penggunaan media elektronik menjadi strategi yang semakin relevan dan penting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi berbagai strategi penggunaan media elektronik dalam bimbingan ABK di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi dan perangkat lunak khusus yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan ABK dapat meningkatkan interaksi dan pembelajaran anak dengan cara yang menarik dan sesuai dengan minat serta kemampuan mereka. Selain itu, keterlibatan orangtua dalam proses bimbingan dengan menggunakan media elektronik juga diidentifikasi sebagai strategi yang efektif. Orangtua dapat membantu anak memahami materi, memberikan motivasi, serta memastikan penggunaan media elektronik yang aman dan tepat. Tantangan yang dihadapi dalam penggunaan media elektronik dalam bimbingan ABK juga disorot, seperti kurangnya kesiapan teknis dan psikologis guru dan orang tua, keterbatasan literasi digital orang tua, serta keterbatasan infrastruktur di beberapa daerah. Pelatihan bagi konselor atau guru pembimbing tentang integrasi media elektronik dalam proses bimbingan ABK menjadi sangat penting untuk memastikan penggunaan media elektronik yang efektif dan aman. Penerapan strategi penggunaan media elektronik dalam bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan perkembangan anak-anak tersebut. Upaya kolaborasi antara guru, konselor, orang tua, dan anak dalam memanfaatkan media elektronik secara optimal akan memberikan dampak positif dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung perkembangan anak berkebutuhan khusus