Efektivitas Pelayanan Bimbingan Konseling di Madrasah Aliyah Swasta al- Istiqomah Banjarmasin

Main Article Content

Yulia Ningsih

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya guru non bimbingan konseling di MAS al-Istiqomah Banjarmasin, yang pelaksanaanya berjalan kurang efektif. Karena guru non bimbingan konseling berlatar belakang pendidikan kewarganegaraan sehingga di dalam pelaksanaanya cenderung untuk menghukum.


Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Bimbingan Konseling terhadap Siswa oleh Guru Non Bimbingan Konseling, sedangkan secara khusus 1) Untuk mengetahui bentuk pelayanan yang di lakukan oleh guru non bimbingan konseling, 2) Untuk mengungkapkan dampak pelayanan guru non bimbingan konseling terhadap siswa., 3) Untuk mengetahui upaya sekolah dalam meningkatkan keefektifan guru non bimbingan konseling.


Karya Ilmiah ini menggunakan metode pengamatan deskriptif kualitatif melalui teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik deskriptif. Data yang terkumpul kemudian di analisis dan di kelompokkan berdasarkan permasalahan pengamatan yang ada.


Sampel penelitian ini adalah Guru Non Bimbingan Konseling dan siswa siswi kelas XII di MAS al-Istiqomah Banjarmasin.Peneliti melakukan wawancara dengan Guru Non BK dan beberapa siswa di sekolah tersebut dan semua staf yang terlibat di dalam penelitian tersebut.


Hasil penelitian ini adalah 1) Bentuk layanan bimbingan konseling yang dilaksanakan oleh guru non bimbingan konseling di MAS al-Istiqomah Banjarmasin adalah layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan konseling perorangan (individu). Di samping itu guru non bimbingan konseling membantu pihak sekolah melaksanakan razia yang merupakan salah satu program sekolah, 2) Efektivitas pelayanan Non BK berjalan kurang baik, 3) Upaya sekolah untuk meningkatkan Efektivitas Pelayanan Non BK dengan memberikan sarana prasarana dan lain-lain.

Article Details

Section
Bimbingan dan Konseling